Sunday, September 30, 2012

Tips Menjadi Admin Fanpage Facebook yang Baik

16 Komentar

Sekarang ini sudah banyak fanpage Facebook yang telah berhasil meraih banyak likers dalam waktu singkat, sebut saja salah satu halaman penggemar bertema komedi Meme Comic Indonesia, halaman yang terkonsentrasi pada pengunggahan gambar - gambar lucu ini terus merangkul banyak likers. Bahkan, muncul halaman - halaman "Serupa" yang temanya sama namun bertujuan mengulang kesuksesan yang sama.

Namun, sebuah fanpage tidaklah bisa besar tanpa administrator (selanjutnya dipanggil admin) yang mengurus dan mengatur lalu lintas kiriman dari para penggunanya.

Mengurus sebuah fanpage tidaklah mudah, terutama dalam hal memberikan informasi kepada para likers. Karena likers sendiri adalah orang yang percaya bahwa fanpage yang mereka like akan bermanfaat untuk mereka.

Tak hanya sebagai pengirim informasi, fanpage juga difungsikan sebagai media promosi, perkenalan atau identitas misalhnya sebuah band. Sebut saja fanpage band yang sedang menjadi sorotan di Indonesia yaitu Noah. Noah Band memiliki fanpage di halaman : https://www.facebook.com/NOAH.ID.MUSIC. Admin fanpage tersebut pun rajin mempostingkan kegiatan, promosi, video hingga tautan band yang menjadi obyek mereka.

Berikut ini beberapa tips bagi anda yang mungkin menjadi admin dari sebuah fanpage Facebook yang mungkin bermanfaat.

1. Pelajari dan kenali isi juga arah maupun tujuan didirikannya fanpage tersebut.

Tujuan? Ya, apakah untuk promosi atau hanya sekedar informasi saja ini yang harus anda pahami, karena jika tidak, fanpage tersebut akan tidak jelas arahnya kemana. Para likers pun "bisa saja" hilang karena berfikir fanpage yang mereka like tidak berarti apa-apa untuk mereka.

2. Pantau terus arus kiriman dari likers.

Para likers sering sekali mengirimkan feedback mereka berupa komentar, saran, tautan yang berhubungan dengan fanpage atau hanya sekedar memberi like pada postingan anda di fanpage. Pantaulah terus, awasi arus kiriman dari para likers, karena kita tidak tahu mungkin saja ada yang mengirimkan konten yang negatif dan harus dihapus. Jika hal-hal negatif dibiarkan masuk ke fanpage yang anda urus dan para likers melihat hal tersebut, maka mereka akan tidak nyaman dengan hal tersebut oleh karena itu pantaulah terus arus kiriman dari para likers fanpage anda.

3. Hormati sesama admin (jika fanpage anda memiliki lebih dari satu)

Jika fanpage anda memiliki lebih dari satu admin, maka hormatilah mereka. Jaga peraturan yang telah dibuat, dan janganlah saling melakukan offense artinya menjatuhkan admin lain. Apalagi jika anda bukan pendiri dari fanpage itu, bisa saja anda di"depak" dari fanpage yang anda urus tadi. Jaga juga kepercayan admin lain.

4. Bedakan kepentingan pribadi dan fanpage.

Rasanya tidak pantas jika anda menyalahgunakan fanpage yang sedang anda pegang dengan kepentingan pribadi anda sendiri. Ambil contoh, ketika anda sedang kesal atau sedang marah, lantas anda memposting sesuatu yang membuat para likers tidak nyaman di halaman fanpage yang anda pegang tadi itu membuat para likers akan merasa bahwa anda tidaklah pantas menjadi seorang admin.
5. Berpikirlah sebelum memposting sesuatu.

Banyak dari kalangan admin menjaga hal ini. Terkadang ada para admin yang menghapus postingan yang telah mereka post karena memicu ketidaknyamanan para likers, atau mengandung unsur negatif. Coba tinjau ulang feedback yang akan anda terima apabila anda memposting sesuatu di fanpage anda.
6. Dekatkanlah anda sebagai admin dengan para likers.

Likers ibaratkan sebagai seorang pelanggan yang terus membutuhkan informasi dari admin sebuah fanpage, oleh karenanya dekatkanlah diri anda (mengingat anda adalah orang yang mengatur fanpage tersebut) dengan para likers. Dengan cara terus memberikan informasi yang diperlukan dan menjawab pertanyaan mereka seperlunya dengan begitu para likers akan merasa bahwa fanpage yang anda urus hidup dan aktif.

7. Teruslah berinovasi agar fanpage berkembang.

Gantilah foto profil atau foto cover secara berkala, kirimkanlah informasi yang bermanfaat dan teruslah terima saran maupun kritik para likers sehingga fanpage anda semakin berkembang kearah yang lebih baik dan maju.

8. Jangan malas!

Menjadi seorang administrator merupakan tanggung jawab. Teruslah men-update segala informasi yang dibutuhkan secara wajar. Dan jika fanpage anda memiliki lebih dari satu admin, tetaplah memposting meski admin lain sudah aktif. Sesama admin haruslah saling bersinergi.

Itulah tadi beberapa tips yang mudah-mudahan bisa bermanfaat, postingan ini bukan untuk menggurui melainkan hanya sekedar berbagi atas pengalaman menjadi seorang admin sekaligus likers sehingga fanpage yang dihasilkan semakin efektif dan bermanfaat.
Lanjut Baca → Tips Menjadi Admin Fanpage Facebook yang Baik

Sunday, September 16, 2012

The Sixth Sense, Bukan Sembarang Film Misteri

0 Komentar
The Sixth Sense merupakan sebuah film yang diproduksi tahun 1999. Film misteri ini disutradarai oleh M. Night Shyamalan. Film ini berhasil meraih penghargaan nominasi Academy Award.

Dengan pemeran utama Bruce Willis, Haley Joel Osment, Toni Collette yang bercerita tentang seorang anak Cole Sear (Haley Joel Osment) yang memiliki kemampuan misterius yang dikenal sebagai sixth sense atau indera keenam.

Penonton akan dibuat "berpikir" dan melatih kemampuan diri untuk menelaah makna film ini.

Sepanjang film kita akan disuguhkan akting-akting yang bagus dan juga timbulnya kesan misteri semakin membuat film ini laik ditonton, meski banyak yang mengira film ini adalah film hantu.

Seperti dikutip Wikipedia, daftar pemainnya adalah sebagai berikut:

  • Bruce Willis sebagai Malcolm Crowe
  • Haley Joel Osment sebagai Cole Sear
  • Toni Collette sebagai Lynn Sear
  • Olivia Williams sebagai Anna Crowe
  • Glenn Fitzgerald sebagai Sean
  • Mischa Barton sebagai Kyra Collins
  • Donnie Wahlberg sebagai Vincent Gray

Banyak pesan - pesan psikologi yang disampaikan juga dalam film ini. Alur maju dan mundur pun dipermainkan dengan baik dalam film ini. Ingin tahu cuplikannya? berikut cuplikannya..

Lanjut Baca → The Sixth Sense, Bukan Sembarang Film Misteri
 

Fian Online "ringan menarik dan informatif" - Copyright 2008 - 2015 | Template oleh: Revolution Two Church theme (Brian Gardner) | Bloganol dot com