Saturday, March 23, 2013

Mengenal Fungsi Absolut Microsoft Excel 2007

1 Komentar

Fungsi absolut di Microsoft Excel dapat dikatakan sebagai fungsi yang pasti, artinya kita tidak akan pernah berubah atau berpindah Cell untuk sumber penghitungan di formula lagi.

Jadi, kita hanya akan berfokus pada satu cell saja untuk kita jadikan sumber penghitungan secara terus menerus.


Nantinya, kita akan akrab dengan key F4 pada keyboard kita, key tersebut akan menghasilkan simbol $ yang dikenal sebagai fungsi absolut.



Contoh:

Kita akan membuat matriks penjumlahan. Jika 1 + 1 maka cell (kotak) dibawah 1 akan menghasilkan 2, begitu juga seterusnya.



Sekarang kita coba 1 cell terlebih dulu. 
Pada Cell B3 coba ketikkan : =B2+A3.


Maka akan menghasilkan 2. 
Yap benar! Karena 1 + 1 = 2. Tapi jika kita tarik cell 2 kebawah, maka hasilnya akan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, karena rumus yang digunakan tidak sesuai yang kita inginkan.


Kuncinya adalah: konsentrasi ke kolom formula, dan tekan F4 / sisipkan simbol Dollar ($) pada cell yang jadi cell tetap untuk seterusnya.


Setelah itu, anda bisa menarik hasil tadi ke bawah untuk diperbanyak. Jadi, anda tidak perlu memasukkan rumus satu persatu. Jika hasilnya benar maka hasilnya akan menjadi:


Selesai.

Anda bisa menerapkannya dengan model lain seperti:


contoh untuk pembelajaran atau latihan bisa anda unduh di : http://www.4shared.com/file/n2aQi1TE/Fungsi_Absolut.html
Terima kasih, semoga bermanfaat.
Lanjut Baca → Mengenal Fungsi Absolut Microsoft Excel 2007

Sunday, March 10, 2013

Tutorial Membuat Daftar Isi Microsoft Word 2007

0 Komentar

Pernah membuat daftar isi yang diketik manual? Yap! Manual, contohnya dengan mengetik tanda titik hingga ujung, kemudian baru menuliskan halamannya? Atau menulis nama bab yang akan dibahas satu persatu hingga selesai? Lupakan cara lama, kini kita bisa membuatnya secara otomatis tanpa harus melakukan cara lama. Tidak hanya daftar isi per-bahasan, tapi juga daftar gambar hingga table.

 Tutorial ini sedikit butuh waktu untuk membaca dan memelajarinya.

 I. Membuat Daftar Isi
 Beberapa hal yang harus dikenali sebelum mengenal format daftar isi lebih cepat di Microsoft Word adalah:

1. Kita akan sering menggunakan tab “Refrences” untuk daftar isi, kita akan menggunakan Table of contents.



2. Selain tab “Refrences”, kita juga akan menggunakan tab Styles di tab Home. Disana, kita akan bermain dengan format Heading.

Tutorial

1.    Oke, sekarang kita siapkan judul-judul yang akan kita jadikan Daftar bab utama dan sub-bab (jika ada) seperti ini:



Untuk bab utama diberi warna hitam, sedangkan sub-bab diberi warna merah. Daftar ini biasanya telah terpisah di halaman-halamannya sendiri. Tugas kita disini adalah memberikan judul-judul tersebut label Heading dan Heading 2 (untuk styles).

Caranya: Block judul tersebut misalkan Lembar Pengesahan, setelah itu ubah menjadi Heading 1 atau Heading 2 jika itu sub-bab. Anda dapat mengubahnya di tab Styles.

Kenapa warnanya jadi biru? Tidak apa, itu memang normal dan nanti kita ganti (tutorial di akhir post ini)

Lakukan itu untuk semua judul bab yang ingin dibuat daftar isi. Ingat! Heading 1 untuk bab, sedangkan Heading 2 untuk sub bab.
2.    Sekarang pindah ke bagian Daftar Isi di dokumen anda, klik tab “references” Lalu pilih Table of Contents dan pilih “Insert Table of Contents”. Nah, nanti akan muncul daftar isi otomatis beserta halamannya.


3.    Nah, begini kira-kira tampilannya. Pastikan semua judul bab atau sub-bab telah dibuat menjadi  Heading. Mudah bukan?



Catatan: Jika ada update terbaru dari halaman anda yang mungkin anda ubah (seperti perubahan halaman atau isi) klik kanan lalu klik “update fields
Update page number only        : update hanya halamannya saja
Update entire table                  : update seluruh isi table.

II. Mengedit model tulisan pada bab dan sub-bab

Sebenarnya, anda bisa saja mengubahnya satu persatu, namun itu membutuhkan waktu yang sangat lama. Ada cara yang mudah.

1.    Pada tab “styles” lalu di pilihan Heading 1 atau Heading 2, klik kanan lalu klik “modify



2.    Akan muncul dialog box baru. Silahkan anda edit sesuai keinginan. Jangan lupa mencentang “Automatically Update

 
Selesai, semoga bermanfaat. Ingat! Silahkan pahami perlahan-lahan langkahnya agar sukses.
Lanjut Baca → Tutorial Membuat Daftar Isi Microsoft Word 2007
 

Fian Online "ringan menarik dan informatif" - Copyright 2008 - 2015 | Template oleh: Revolution Two Church theme (Brian Gardner) | Bloganol dot com