Sunday, April 28, 2013

9 Summers 10 Autumns: Dari Malang, Bogor Hingga Ke New York

0 Komentar

"Saya tidak memilih masa lalu saya. Tapi, masa depan itu kita sendiri yang bisa melukiskannya" pesan terakhir inilah yang disampaikan oleh film yang diangkat dari sebuah novel best seller kisah sukses Iwan Setyawan. Iwan lahir di Malang, dan menjalani kuliahnya di Institut Pertanian Bogor (IPB) Bogor, hingga kemudian ia menjalani kariernya dan sukses di New York.

Gambar di atas adalah Iwan Setyawan, ia menjalani kariernya di New York sebagai seorang Data Analyst. Film ini menggambarkan bagaimana perjalanan Iwan Setyawan (yang diperankan oleh Ihsan Tarore). Film tersebut benar-benar menggambarkan bagaimana pertentangan antara ayah Iwan dengan Iwan.


Ayahnya seorang sopir angkot yang sangat memegang teguh prinsip bahwa seorang 'lanang' atau anak laki-laki harus benar-benar kuat, mampu berkelahi, dan menjadi seorang pekerja bagi keluarganya. Hal itu tidak disetujui oleh Iwan, ia lebih nyaman menjadi seorang yang sukses dengan caranya sendiri dan anak laki-laki tidaklah harus bergelut dengan hal-hal yang  'keras' seperti ayahnya.

Hal itu dibuktikan oleh Iwan dengan giatnya ia belajar mulai dari kecil hingga memasuki masa sekolah di SMA. Film ini digarap oleh sang sutradara, Ifa Isfansyah, selama setahun dengan lokasi pengambilan gambar yang banyak.

Prestasi Iwan terus menanjak hingga akhirnya ia lulus dari sekolah dan diterima melalui jalur PMDK (tanpa tes) di Institut Pertanian Bogor, jurusan Statistika. Lulusnya Iwan ini sangat ditentang oleh ayahnya yang takut jika Iwan pergi, siapa yang akan mengurus keluarga dan membantu mencari nafkah. Namun, ayahnya berubah pikiran dan menjual angkot yang menjadi sarana mencari nafkah untuk biaya kuliah Iwan. Kehidupan kampus Iwan pun dimulai, hingga akhirnya ia lulus dengan predikat yang baik.


cerita belumlah selesai, keluarga Iwan yang jauh disana pun tidaklah lepas dari masalah. Ayahnya yang menjadi sopir truk, ditangkap pihak kepolisian karena muatan yang dibawa ayah Iwan adalah barang ilegal. Ditangkapnya ayah Iwan membuat roda ekonomi berhenti, Iwan harus benar-benar menghemat dan bekerja keras mencari uang lebih. Beruntung, karier Iwan di kantornya di Jakarta meningkat.

Iwan pun berinisiatif untuk curi-curi kesempatan dan melakukan interview pekerjaan di luar negeri tepatnya di New York. Nasib baik berpihak pada Iwan, ia diterima dan bekerja disana. Singkat cerita, keinginan besar Iwan untuk pulang pun hadir, dan ia memutuskan untuk resign dari kantor di New York tempatnya bekerja dan kembali ke Malang untuk berbagi kisah suksesnya.

Film ini sendiri diperankan oleh Pemeran Ihsan Tarore (Iwan), Hayria Fatturahman (Midah), Ence Bagus, Dira Sugandi, Dewi Irawan, Agni Pratistha, Shafil Hamdi Nawara, Epy Kusnandar, dan masih banyak lagi.
Tanggal 25 April kemarin adalah premiere film ini, dan sekarang dapat dinikmati di bioskop-bioskop.

Berikut Trailernya:

Lanjut Baca → 9 Summers 10 Autumns: Dari Malang, Bogor Hingga Ke New York
 

Fian Online "ringan menarik dan informatif" - Copyright 2008 - 2015 | Template oleh: Revolution Two Church theme (Brian Gardner) | Bloganol dot com