Sunday, September 30, 2012

Tips Menjadi Admin Fanpage Facebook yang Baik



Sekarang ini sudah banyak fanpage Facebook yang telah berhasil meraih banyak likers dalam waktu singkat, sebut saja salah satu halaman penggemar bertema komedi Meme Comic Indonesia, halaman yang terkonsentrasi pada pengunggahan gambar - gambar lucu ini terus merangkul banyak likers. Bahkan, muncul halaman - halaman "Serupa" yang temanya sama namun bertujuan mengulang kesuksesan yang sama.

Namun, sebuah fanpage tidaklah bisa besar tanpa administrator (selanjutnya dipanggil admin) yang mengurus dan mengatur lalu lintas kiriman dari para penggunanya.

Mengurus sebuah fanpage tidaklah mudah, terutama dalam hal memberikan informasi kepada para likers. Karena likers sendiri adalah orang yang percaya bahwa fanpage yang mereka like akan bermanfaat untuk mereka.

Tak hanya sebagai pengirim informasi, fanpage juga difungsikan sebagai media promosi, perkenalan atau identitas misalhnya sebuah band. Sebut saja fanpage band yang sedang menjadi sorotan di Indonesia yaitu Noah. Noah Band memiliki fanpage di halaman : https://www.facebook.com/NOAH.ID.MUSIC. Admin fanpage tersebut pun rajin mempostingkan kegiatan, promosi, video hingga tautan band yang menjadi obyek mereka.

Berikut ini beberapa tips bagi anda yang mungkin menjadi admin dari sebuah fanpage Facebook yang mungkin bermanfaat.

1. Pelajari dan kenali isi juga arah maupun tujuan didirikannya fanpage tersebut.

Tujuan? Ya, apakah untuk promosi atau hanya sekedar informasi saja ini yang harus anda pahami, karena jika tidak, fanpage tersebut akan tidak jelas arahnya kemana. Para likers pun "bisa saja" hilang karena berfikir fanpage yang mereka like tidak berarti apa-apa untuk mereka.

2. Pantau terus arus kiriman dari likers.

Para likers sering sekali mengirimkan feedback mereka berupa komentar, saran, tautan yang berhubungan dengan fanpage atau hanya sekedar memberi like pada postingan anda di fanpage. Pantaulah terus, awasi arus kiriman dari para likers, karena kita tidak tahu mungkin saja ada yang mengirimkan konten yang negatif dan harus dihapus. Jika hal-hal negatif dibiarkan masuk ke fanpage yang anda urus dan para likers melihat hal tersebut, maka mereka akan tidak nyaman dengan hal tersebut oleh karena itu pantaulah terus arus kiriman dari para likers fanpage anda.

3. Hormati sesama admin (jika fanpage anda memiliki lebih dari satu)

Jika fanpage anda memiliki lebih dari satu admin, maka hormatilah mereka. Jaga peraturan yang telah dibuat, dan janganlah saling melakukan offense artinya menjatuhkan admin lain. Apalagi jika anda bukan pendiri dari fanpage itu, bisa saja anda di"depak" dari fanpage yang anda urus tadi. Jaga juga kepercayan admin lain.

4. Bedakan kepentingan pribadi dan fanpage.

Rasanya tidak pantas jika anda menyalahgunakan fanpage yang sedang anda pegang dengan kepentingan pribadi anda sendiri. Ambil contoh, ketika anda sedang kesal atau sedang marah, lantas anda memposting sesuatu yang membuat para likers tidak nyaman di halaman fanpage yang anda pegang tadi itu membuat para likers akan merasa bahwa anda tidaklah pantas menjadi seorang admin.
5. Berpikirlah sebelum memposting sesuatu.

Banyak dari kalangan admin menjaga hal ini. Terkadang ada para admin yang menghapus postingan yang telah mereka post karena memicu ketidaknyamanan para likers, atau mengandung unsur negatif. Coba tinjau ulang feedback yang akan anda terima apabila anda memposting sesuatu di fanpage anda.
6. Dekatkanlah anda sebagai admin dengan para likers.

Likers ibaratkan sebagai seorang pelanggan yang terus membutuhkan informasi dari admin sebuah fanpage, oleh karenanya dekatkanlah diri anda (mengingat anda adalah orang yang mengatur fanpage tersebut) dengan para likers. Dengan cara terus memberikan informasi yang diperlukan dan menjawab pertanyaan mereka seperlunya dengan begitu para likers akan merasa bahwa fanpage yang anda urus hidup dan aktif.

7. Teruslah berinovasi agar fanpage berkembang.

Gantilah foto profil atau foto cover secara berkala, kirimkanlah informasi yang bermanfaat dan teruslah terima saran maupun kritik para likers sehingga fanpage anda semakin berkembang kearah yang lebih baik dan maju.

8. Jangan malas!

Menjadi seorang administrator merupakan tanggung jawab. Teruslah men-update segala informasi yang dibutuhkan secara wajar. Dan jika fanpage anda memiliki lebih dari satu admin, tetaplah memposting meski admin lain sudah aktif. Sesama admin haruslah saling bersinergi.

Itulah tadi beberapa tips yang mudah-mudahan bisa bermanfaat, postingan ini bukan untuk menggurui melainkan hanya sekedar berbagi atas pengalaman menjadi seorang admin sekaligus likers sehingga fanpage yang dihasilkan semakin efektif dan bermanfaat.

16 Komentar:

Anonymous said...

tau gak cara mengetahui gimana kita bisa tau siapa yang udah ngapus postingan kita di fanpage ?? padahal admin di fanpage lebih dari satu ... tolong jawab donk .,.

Pian on 20 October 2012 at 20:09 said...

iasanya itu gak diumumkan di pemberitahuan. Karena di fanpage FB, jika 1 atau lebih dari 1 orang sdah diangkat jadi admin, maka semua admin berarti memiliki fanpage tersebut.

Tapi masih lebih tinggi sang pendiri fanpage itu karena hanya dia yg bisa menghapus admin dan menambah admin baru.

Unknown on 3 December 2012 at 17:45 said...

info yg sangat bemanfaat bagi blog saya,,,, saya harap agan mau berkunjung ke blog saya www.ankurniawan.blogspot.com dan memberikan sedikit komentar Terima kasih

Unknown on 17 December 2012 at 20:55 said...

tanya min,,
saya kan admin di fnpage, tapi ketika saya akan memposting link ke page, jadinya tidak terlihat di postingn fanpage, tapi di recebt post by others dan yang memposting nama akun fb saya, bukan nama page..
gimana triknya biar bisa posting link sebagai admin?

mohon bimbingannya

Pian on 18 December 2012 at 10:49 said...

@Zuhair Ahmad:

Begini, coba beralih ke halaman fanpage yang anda miliki dulu. (dengan akun facebook anda)

Di bagian bawah kotak pencarian facebook (paling atas) akan ada tulisan Anda mengirim, mengomentari, dan menyukai sebagai (DISINI AkUN ANDA) (NAMA FANPAGE ANDA) — Ganti menjadi (LINK KE AKUN YANG ANDA INGIN GUNAKAN UNTUK MENGOMENTARI/MENGIRIM POST)

Semoga berhasil.

Unknown on 24 April 2013 at 14:24 said...

kalo ngubah kiriman kita jadi kiriman page bukan kiriman kita gimana padahal kita sudah jadi admin, saya tanya temen saya katanya diganti, tapi diganti dimana

maaf saya admin baru.. terima kasih

Unknown on 24 April 2013 at 14:26 said...

diatasnya saya cuma ada ''Anda mengirim, mengomentari, dan menyukai sebagai (nama akun fb) trus ga ada nama page saya gimana ya solusinya

Iwak Pietiek on 9 June 2013 at 01:16 said...

terimakasih atas sarannya
Like funpage www.facebook.com/wechatsahabatmaya

Ampn on 29 July 2013 at 18:52 said...

Sip gan. Kalo boleh, ijin copas di fp ku ya. kunbalnya 'death-gas.blogspot.com

Trojann on 23 August 2013 at 00:22 said...

mau tanya om,
saya posting lewat komputer, sudah saya ganti mengirim sbg nama fp saya
tp kok hasilnya
yg ngrim tautan malah fb saya, bukan sbg admin,
mohon bantuanya

Pian on 23 August 2013 at 08:35 said...

Pastikan dulu anda benar-benar seorang admin disana atau bukan. Jika memang anda adalah admin, maka ketika anda masuk ke fan page yg anda kelola di bagian bawah kolom pencarian facebook akan ada tulisan:

Anda mengirim, mengomentari, dan menyukai sebagai (NAMA FANPAGE ANDA).

Jika tidak ada, maka ada yg salah dengan pengaturan admin di halaman panel pengurus di fanpage anda.

Unknown on 3 September 2013 at 09:46 said...

daftar menjadi admin gi mana gan ??

maklum... ud banyak kotak-katik di stus kagak nemu ug cara registernya ??

mohon bantuan

Shabrina Shop on 27 September 2013 at 11:41 said...

Tanya doonkk..

Tau ga caranya supaya orang lain yang biisa upload foto ke page kita itu cuma orang yang udah like fanpage kita? jadi dia ga bisa upload foto atau nulis sesuatu di wall page kita sebelum diia like page ..

Info yaa miinn.. thx!

Unknown on 9 November 2013 at 09:49 said...

ane pusig gan jdi Admin ternyta jdi lbih dri 3 Admin emg gg gampag

tpi ane tetp semangt :-D

Unknown on 5 December 2013 at 12:39 said...

Saya jadi admin (Leader) dalam FP Roleplayer lumayan sukses dengan 3 hari 300+ likers dan 250+ Membicarakannya :v

Tp susah dalam mengurus likers atau member yang sedang menrusuh

Makasih atas infonya gan :)

Tiur di Jerman on 28 October 2020 at 23:42 said...

Gan, mau belajar ya 🙏tlg dibantu. Saya buat panpage lalu ada 5 admin.

Pertanyaan :

1. Saat mereka posting, nama asli mereka tidak keluar. Apa yang salah di settingan saya ? Saya mau tetap nama asli yg keluar

2. Ada satu postingan yang saya kok tidak tahu ini siapa yang posting ? Gimana cara taunya

Atau no 2 terjadi karena akibat no 1 ?

Makasih banyak

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakanlah nama asli Anda dan berkomentarlah dengan kata - kata yang sopan tanpa ada unsur pornografi. Untuk feedback lebih lanjut silahkan kunjungi Kontak

 

Fian Online "ringan menarik dan informatif" - Copyright 2008 - 2015 | Template oleh: Revolution Two Church theme (Brian Gardner) | Bloganol dot com