Saturday, March 23, 2013

Mengenal Fungsi Absolut Microsoft Excel 2007



Fungsi absolut di Microsoft Excel dapat dikatakan sebagai fungsi yang pasti, artinya kita tidak akan pernah berubah atau berpindah Cell untuk sumber penghitungan di formula lagi.

Jadi, kita hanya akan berfokus pada satu cell saja untuk kita jadikan sumber penghitungan secara terus menerus.


Nantinya, kita akan akrab dengan key F4 pada keyboard kita, key tersebut akan menghasilkan simbol $ yang dikenal sebagai fungsi absolut.



Contoh:

Kita akan membuat matriks penjumlahan. Jika 1 + 1 maka cell (kotak) dibawah 1 akan menghasilkan 2, begitu juga seterusnya.



Sekarang kita coba 1 cell terlebih dulu. 
Pada Cell B3 coba ketikkan : =B2+A3.


Maka akan menghasilkan 2. 
Yap benar! Karena 1 + 1 = 2. Tapi jika kita tarik cell 2 kebawah, maka hasilnya akan tidak sesuai dengan yang kita harapkan, karena rumus yang digunakan tidak sesuai yang kita inginkan.


Kuncinya adalah: konsentrasi ke kolom formula, dan tekan F4 / sisipkan simbol Dollar ($) pada cell yang jadi cell tetap untuk seterusnya.


Setelah itu, anda bisa menarik hasil tadi ke bawah untuk diperbanyak. Jadi, anda tidak perlu memasukkan rumus satu persatu. Jika hasilnya benar maka hasilnya akan menjadi:


Selesai.

Anda bisa menerapkannya dengan model lain seperti:


contoh untuk pembelajaran atau latihan bisa anda unduh di : http://www.4shared.com/file/n2aQi1TE/Fungsi_Absolut.html
Terima kasih, semoga bermanfaat.

1 Komentar:

gabrielazahrt on 4 March 2022 at 00:43 said...

Pragmatic Play launches new slot games at JamBase
Pragmatic 전라북도 출장마사지 Play, a leading content provider to 의왕 출장마사지 the iGaming industry, 당진 출장샵 has launched an exciting new 익산 출장마사지 slots game 오산 출장샵 titled 'Haunting Star

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakanlah nama asli Anda dan berkomentarlah dengan kata - kata yang sopan tanpa ada unsur pornografi. Untuk feedback lebih lanjut silahkan kunjungi Kontak

 

Fian Online "ringan menarik dan informatif" - Copyright 2008 - 2015 | Template oleh: Revolution Two Church theme (Brian Gardner) | Bloganol dot com