Thursday, June 27, 2013

Microsoft Excel: Advanced Filter, Menyeleksi Data Sesuai Kriteria Kebutuhan


Biasanya dalam setiap pekerjaan data menggunakan Microsoft Excel, kita diminta untuk mencari data sesuai dengan kriteria tertentu saja. Misalkan, data penjualan minimarket, kita hanya diminta untuk mengambil data dari orang-orang yang membeli produk sabun namun hanya dalam bentuk cair. Nah, untuk itu Microsoft Excel menyediakan fitur Advanced Filter, sebuah fitur yang digunakan untuk menyeleksi data sesuai keinginan saja, tentu dengan kriteria tertentu.


Langsung ke kasus, disini ada data tentang siapa saja pelajar yang mengikuti Bimbingan Belajar (Bimbel) di bimbel AIUEO, nah kita hanya akan mengambil beberapa kriteria saja.


Gambar di atas adalah data siswa-siswi yang belajar di bimbel AIUEO, nah kita akan mengambil kriteria tertentu saja. Ini adalah kunci dari tutorial ini:

1. Copy header kategori dari data asli dan kriteria yang diinginkan.

Ambillah header (No, Nama, Asal Sekolah, Kelas) di data yang dimiliki, kemudian paste-kan di tempat lain. Setelah itu, ambil juga kriteria yang diinginkan.


Pada kasus ini, diambil kriteria SMP Angkasa 2 kelas 3 IPA, jadi kita hanya mencari siapa siswa/siswi yang berada di kelas 3 IPA dan bersekolah di SMP Angkasa 2.

2. Memulai Advanced Filter

Inilah kunci tutorialnya, silahkan gulir ke tab Data, kemudian masuklah ke Advanced filter



dialog box baru akan terbuka, berikut yang perlu diperhatikan:


Action
Filter the list, in-place: Anda menindih data yang lama dengan filter-an anda yang baru.
Copy to another location: Sebaiknya gunakan pilihan ini, anda akan memindahkan data yang anda butuhkan di tempat yang baru dalam sheet yang sedang anda kerjakan tersebut.

List range: ini adalah tempat anda mem-block semua data sumber anda. Ada tombol kecil di sampingnya jika anda kesulitan mencari letak data tersebut.

Criteria range: blok semua data (termasuk header) yang anda telah paste kan tadi di tempat lain, dengan kriteria ketentuan anda tentunya.

Copy to: ini hanya akan muncul jika anda memilih Copy to another location, tempat anda meletakkan data baru yang telah anda filter tadi.

untuk lebih jelas silahkan lihat gambar ini:


3. Eksekusi filterisasi anda.

Setelah klik "OK" anda akan melihat data yang telah anda filter tadi. Sesuai dengan kasus di atas, siswa kelas 3 IPA yang bersekolah di SMP Angkasa 2 adalah Muhammad Suryanto.


Oke, sekarang saya coba dengan percobaan yang lainnya, saya ingin mencari siswa kelas 2 IPA yang asal sekolahnya dari SMPN 190, dan berikut hasilnya:


kurang lebih begitulah tutorial advanced filter kali ini, untuk lebih lengkap, berikut link untuk mengunduh file latihan. http://www.4shared.com/file/mVb85qCx/Belajar_Advanced_Filter.html?

semoga bermanfaat, mohon maaf bila ada kesalahan.

1 Komentar:

Rudy Hermawan on 19 July 2013 at 13:44 said...

Thank's MR :D

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak, gunakanlah nama asli Anda dan berkomentarlah dengan kata - kata yang sopan tanpa ada unsur pornografi. Untuk feedback lebih lanjut silahkan kunjungi Kontak

 

Fian Online "ringan menarik dan informatif" - Copyright 2008 - 2015 | Template oleh: Revolution Two Church theme (Brian Gardner) | Bloganol dot com